Selasa, 05 Juni 2012

RPP Mengintifikasi Unsur- Unsur Intrinsik dan EkstrinsikSuatu Cerita yang Disampaikan Secara Langsung

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
 SEKOLAH : SMA Kartika Kendari
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit

STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan: 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung.

KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/rekaman.

INDIKATOR
Kognitif Proses Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik yang ada di dalam cerpen Produk Menentukan unsur intrinsik yang ada di dalam cerpen Menjelaskan maksud unsur intrinsik cerpen Psikomotor Menyampaikan unsur-unsur intrinsik yang telah ditemukan di dalam cerpen Menanggapi penjelasan tentang unsur-unsur yang ditemukan oleh teman. Afektif Karakter Kerja sama Teliti Tanggap Keterampilan sosial Menyampaikan hasil diskusi dengan baik dan benar Membantu teman yang mengalami kesulitan.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
 Proses Setelah membaca cerpen yang disajikan, siswa diharapkan mampu menemukan unsur-unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerpen
 Produk
 Setelah membaca dan membahas hasil pencapaian tujuan proses di atas, siswa diharapkan mampu menuliskan kembali unsur-unsur intrinsik yang telah ditemukan.
 Psikomotor
 Secara berkelompok siswa dapat menyampaikan unsur intrinsik cerpen yang disediakan dalam LKS 1: psikomotor.
 Afektif
 Karakter Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperhatikan kemajuan dalam perilaku seperti kerja sama, teliti dan tanggap.
 Keterampilan sosial Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam kerampilan menyampaikan hasil diskusi dengan bahasa yang baik dan benar, bekerja sama dalam kelompoknya, dan membantu teman yang mengalami kesulitan.
 MATERI PEMBELAJARAN
 Teks cerita pendek
 MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
 Model pembelajaran : pembelajaran langsung (eksplisit) Metode pembelajaran Diskusi Unjuk kerja Penugasan BAHAN Lembar kerja Spidol

nama pacarHobby Pacar
pertamaItaTinju
keduaMitabegadang
ketigaMianonton film perang
keempatTamiTidur
batas LKS 1: LEMBAR KERJA SISWA Bahasa Indonesia Nama……………………. Kelompok……………… Tanggal………………. Kegiatan 1 Bacalah cerita pendek yang telah disediakan. Setelah membaca, kerjakan langkah-langkah berikut: Tentukanlah unsur-unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerpen tersebut! ……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………….
urutannama pacarHobby Pacar
pertamaItaTinju
keduaMitabegadang
ketigaMianonton film perang
keempatTamiTidur
LKS 2: LEMBAR KERJA SISWA Bahasa Indonesia Nama……………………. Kelompok……………… Tanggal………………. Kegiatan 2 Carilah sebuah Cerpen. Lalu bacalah. Setelah membaca, kerjakan langkah-langkah berikut: Tentukanlah unsur-unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerpen tersebut! ……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………. LEMBAR PEGANGAN GURU (LPG) BAHASA INDONESIA SMA KELAS X SEMESTER 1 Standar Kompetensi Mendengarkan: 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung. Oleh:   Unsur Intrinsik Karya Sastra adalah unsur-unsur yang secara organik membangun sebuah karya sastra dari dalam Contoh unsur intrinsik (1) tokoh (2) alur (3) latar, (4) judul (5) sudut pandang (6) gaya dan nada Secara umum unsur-unsur intrinsik karya sastra prosa adalah: 1. Tokoh /karakter 2. Alur / plot 3. latar/ setting 4. sudut pandang (point of view) 5. tema 6. amanat  Karakter adalah orang yang mengambil bagian dan mengalami peristiwa-peristiwa atau sebagian peristiwa-peristiwa yang digambarkan di dalam plot.  Plot adalah rangkaian peristiwa yang satu sama lain dihubungan dengan hukum sebab-akibat.  Latar adalah latar peristiwa yang menyangkut tempat, ruang, dan waktu. Tema adalah gagasan pokok yang terkandung dalam drama yang  berhubungan dengan arti (mearning atau dulce) drama itu; bersifat lugas, objektif, dan khusus.  Amanat adalah pesan yang hendak disampaikan oleh pengarang kepada pembaca yang berhubungan dengan makna (significance atau utile) drama itu; bersifat kias, subjektif, dan umum. PEMBEDAAN TOKOH A. Dilihat dari segi peranan/ tingkat pentingnya/ keterlibatan dalam cerita 1. tokoh utama (main/ central character) yaitu tokoh yang diutamakan penceritaannya 2. tokoh tambahan (peripheral character) yaitu penceritaan relatif pendek (tidak mendominasi) B. Dilihat dari fungsi penampilan tokoh 1. Protagonis memberikan simpati, empati, melibatkan diri secara emosional terhadap tokoh tersebut. Tokoh yang disikapi demikian disebut tokoh protagonis. 2. Antagonis - tokoh yang menyebabkan terjadinya konflik - beroposisi dengan tokoh protagonis - Peran antagonis dibedakan menjadi dua, yaitu: 1. tokoh antagonis 2. kekuatan antagonis (tak disebabkan oleh seorang tokoh) Contoh: bencana alam, kecelakaan, nilai-nilai sosial, lingkungan alam, nilai moral, kekuasaan dan kekuatan yang lebih tinggi, dan sebagainya. C. Berdasarkan Perwatakannya 1. Tokoh Sederhana/ Simple/ Flat Tokoh yang hanya mempunyai satu kualitas pribadi (datar, monoton, hanya mencerminkan satu watak tertentu). Biasanya dapat dirumuskan dengan satu kalimat 2. Tokoh Bulat/ Complex/ Round Diungkap berbagai kemungkinan sisi kehidupan, kepribadian, dan jati dirinya. Bertentangan, sulit diduga, dan mempunyai unsur surprise. Keduanya tidak bersifat bertentangan, hanya merupakan gradasi saja. D. Berdasarkan berkembang atau tidaknya perwatakan tokoh • Tokoh Statis adalah tokoh tak berkembang yang secara esensial tidak mengalami perubahan atau perkembangan perwatakan sebagai akibat peristiwa-peristiwa yang terjadi. • Tokoh Berkembang • mengalami perkembangan perwatakan dalam penokohan yang bersifat statis biasanya dikenal tokoh hitam dan tokoh putih E. Berdasarkan Kemungkinan Pencerminan Tokoh terhadap Manusia dari Kehidupan Nyata • Tokoh Tipikal pada hakekatnya dipandang sebagai reaksi, tanggapan, penerimaan, tafsiran pengarang terhadap tokoh manusia di dunia nyata. Contoh guru, pejuang, dan lain-lain. • Tokoh Netral tokoh cerita yang bereksistensi demi cerita itu sendiri. Ia benar-benar merupakan tokoh imajiner LEMBAR PENILAIAN (LP) BAHASA INDONESIA SMA KELAS X SEMESTER 1 Standar Kompetensi Mendengarkan: 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung. Oleh:
no
kegiatan awal 10 menit
Hobby Pacar
pertamaItaTinju
keduaMitabegadang
ketigaMianonton film perang
keempatTamiTidur
LP 1 : KOGNITIF PROSES Pedoman Penskoran LKS 1 No Komponen Deskriptor Skor 1 2 3 1 Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik yang ada di dalam cerpen Siswa mampu Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik yang ada di dalam cerpen Keterangan: (3) sangat tepat (2) tepat (1) tidak tepat Cara Pemberian Nilai Rumus: Nilai=(Skor Perolehan Siswa)/(Skor Maksimun) x 100
urutannama pacarHobby Pacar
pertamaItaTinju
keduaMitabegadang
ketigaMianonton film perang
keempatTamiTidur
LP 2 : KOGNITIF PRODUK Pedoman Penskoran LKS 2 No Komponen Deskriptor Skor 1 2 3 1 Menentukan unsur intrinsik yang ada di dalam cerpen Siswa mampu menentukan unsur intrinsik yang ada di dalam cerpen Menjelaskan maksud unsur intrinsik cerpen 2 Menjelaskan maksud unsur intrinsik cerpen yang telah ditemukan Siswa mampu menjelaskan maksud unsur intrinsik cerpen yang telah ditemukan Keterangan: (3) sangat tepat (2) tepat (1) tidak tepat Cara Pemberian Nilai Rumus: (Skor Perolehan Siswa)/(Skor Maksimun) x 100
urutannama pacarHobby Pacar
pertamaItaTinju
keduaMitabegadang
ketigaMianonton film perang
keempatTamiTidur
LP 3 : PSIKOMOTOR Pedoman Penskoran LKS 2 No Komponen Deskriptor Skor Catatan 1 Mampu membacakan hasil identifikasi unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerpen, dengan kriteria: Suara Lafal Intonasi Sangat jelas Kurang jelas Tidak jelas Sangat jelas Kurang jelas Tidak jelas Sangat jelas Kurang jelas Tidak jelas 3 2 1 3 2 1 3 2 1 2 Menanggapi hasil identifikasi yang disampaikan teman Siswa mampu menanggapi hasil identifikasi unsur intrinsic cerpen yang disampaikan teman 1 2 3 Keterangan: (3) sangat tepat (2) tepat (1) tidak tepat Cara Pemberian Nilai Rumus:
urutannama pacarHobby Pacar
pertamaItaTinju
keduaMitabegadang
ketigaMianonton film perang
keempatTamiTidur
(Skor Perolehan Siswa)/(Skor Maksimun) x 100 LP 4 : AFEKTIF (KARAKTER) No Karakter Skor Total Tanggung Jawab Disiplin Ketekunan Kreatif Kritis 1 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 2 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 3 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 6 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 7 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 8 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 9 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 10 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 11 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 12 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 13 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 14 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 15 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 16 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 17 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 18 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 19 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 20 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 21 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 22 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 23 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 24 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 25 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 26 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 27 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 28 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 29 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 30 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 31 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 32 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 33 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 34 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 35 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 36 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 37 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 38 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 39 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 40 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Keterangan 4 = sangat baik 2 = kurang baik 3 = baik 1 = tidak baik
urutannama pacarHobby Pacar
pertamaItaTinju
keduaMitabegadang
ketigaMianonton film perang
keempatTamiTidur
LP 5 : AFEKTIF (KECAKAPAN SOSIAL) No Karakter Skor Total Inisiatif Berbahasa Santun dan Komunikatif Partisipasi 1 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 2 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 3 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 6 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 7 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 8 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 9 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 10 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 11 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 12 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 13 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 14 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 15 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 16 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 17 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 18 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 19 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 20 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 21 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 22 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 23 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 24 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 25 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 … Keterangan 4 = sangat baik 2 = kurang baik 3 = baik 1 = tidak baik Kendari,13 Desember 2011 Mengetahui, Guru Pamong Mahasiswa KKP-PPL Nur Niati, S.Pd Eka Cahyowati Menyetujui, Kepala Sekolah Drs. H. N.P Dahlan Diposkan oleh bastra song di 22:23 Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook 0 komentar: Poskan Komentar Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda Langganan: Poskan Komentar (Atom) Arsip Blog ▼ 2012 (15) ▼ Juni (15) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) NAMA SEKOL... RPP Mengintifikasi Unsur- Unsur Intrinsik dan Ekst... RPP Proposal RPP paragraf Deduktif dan Induktif Contoh Wawancara Menulis Paragraf Narasi Contoh Paragraf Narasi LPG Tentang Puisi rpp kelas X mata pelajaran bahasa indonesia preposisi dalam bahasa indonesia silabus bahasa indinesia kelas XI analisis kesalahan berbahasa tugas final proses morfologi prefiks dalam bahasa wolio (kajia... Fungsi media massa dan dampak positif dan negatif ... Bahan Ajar Hikayat Mengenai Saya bastra song Lihat profil lengkapku Template Simple. Diberdayakan oleh Blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar