ANALISIS PROPOSAL PENELITIAN PENGAJARAN
Judul: Kemampuan Membaca Cepat dan Efektif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kapontori kabupaten Buton.
Masalah : “Bagaimanakah Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Efektif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton?”
.
Kesimpulan : Disimpulkan bahwa secara umum , kemampuan mengembangkan membaca cepat dan efektif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton dapat di simpulkan sebagai berikut :
1. Pengenalan dalam Aksara beserta tanda-tanda baca sebelum siswa memulai pelajaran pada SMP Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton berada pada kategori lambat ( 7,35% ) dengan rata-rata 148 KPM tidak mencapai 200-250 KPM
2. Keterampilan mencakup keseluruhan keterampilan membaca, pada hakikatnya merupakan keterampilan intelektual, ini merupakan kemampuan atau abilitas untuk menghubungkan tanda-tanda hitam diatas kertas melalui unsur bahasa yang formal, yaitu kata-kata sebagai bunyi dengan makna yang di lambangkan oleh kata-kata tersebut.
Ide Baru : Sesuai dengan teknik membaca ini dapat mempermudah kita untuk mengetahui ketidakmemadaian KEM siswa disebabkan kecepatan membaca yang lambat dan tingkat keefektifannya membaca kurang memadai hendaknya dicarikan pemecahannya adalah memberikan latihan-latihan membaca untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan membaca yang tidak efektif.
Proses membaca :
a. Tahap Pramembaca
b. Tahap Membaca
c. Tahap pasca membaca
Jenis-jenis Membaca
a. Membaca Deskripsi
b. Membaca Argumentasi
c. Membaca Eksposisi
d. Membaca Narasi.
Deskripsi adalah salah satu jenis karangan yang melukiskan suatu objek sesuai dengan keadaan sebenarnya sehingga pembaca dapat melihat, merasakan, mencium secara imajinatif apa yang dilihat, didengar, dirasakan dan dicium oleh penulis tentang objek yang dimaksud
Macam-macam Deskripsi yaitu:
a. Deskripsi orang
b. Deskripsi Tempat
Setelah saya membaca Skripsi ini yang menjadi ketertarikan saya adalah mengenai membaca Deskripsi. Bila suatu saat nanti penelitian, maka saya akan mencoba mengajukan judul Proposal “Kemampuan Membaca Siswa dengan Menggunakan Teknik SQ3R Pada Siswa kelas X SMA Negeri 1 Langgikima.
Kesimpulan : Disimpulkan bahwa secara umum , kemampuan mengembangkan membaca cepat dan efektif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton dapat di simpulkan sebagai berikut :
1. Pengenalan dalam Aksara beserta tanda-tanda baca sebelum siswa memulai pelajaran pada SMP Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton berada pada kategori lambat ( 7,35% ) dengan rata-rata 148 KPM tidak mencapai 200-250 KPM
2. Keterampilan mencakup keseluruhan keterampilan membaca, pada hakikatnya merupakan keterampilan intelektual, ini merupakan kemampuan atau abilitas untuk menghubungkan tanda-tanda hitam diatas kertas melalui unsur bahasa yang formal, yaitu kata-kata sebagai bunyi dengan makna yang di lambangkan oleh kata-kata tersebut.
Ide Baru : Sesuai dengan teknik membaca ini dapat mempermudah kita untuk mengetahui ketidakmemadaian KEM siswa disebabkan kecepatan membaca yang lambat dan tingkat keefektifannya membaca kurang memadai hendaknya dicarikan pemecahannya adalah memberikan latihan-latihan membaca untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan membaca yang tidak efektif.
Proses membaca :
a. Tahap Pramembaca
b. Tahap Membaca
c. Tahap pasca membaca
Jenis-jenis Membaca
a. Membaca Deskripsi
b. Membaca Argumentasi
c. Membaca Eksposisi
d. Membaca Narasi.
Deskripsi adalah salah satu jenis karangan yang melukiskan suatu objek sesuai dengan keadaan sebenarnya sehingga pembaca dapat melihat, merasakan, mencium secara imajinatif apa yang dilihat, didengar, dirasakan dan dicium oleh penulis tentang objek yang dimaksud
Macam-macam Deskripsi yaitu:
a. Deskripsi orang
b. Deskripsi Tempat
Setelah saya membaca Skripsi ini yang menjadi ketertarikan saya adalah mengenai membaca Deskripsi. Bila suatu saat nanti penelitian, maka saya akan mencoba mengajukan judul Proposal “Kemampuan Membaca Siswa dengan Menggunakan Teknik SQ3R Pada Siswa kelas X SMA Negeri 1 Langgikima.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar