Selasa, 29 Mei 2012

RPP BERKARAKTER

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah        : SMA Negeri 4 Kendari
Mata Pelajaran    :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : 10/II
Unit/Tema        :
Kemampuan/Aspek    : Berbahasa/Berbicara
Alokasi Waktu    : 3 x 40 menit
Tahun Pelajaran    : 20  /20

A. Standar Kompetensi
     Berbicara: 10. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber.
   
B. Kompetensi Dasar
     10.2 Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak atau elektronik.

C. Indikator
     1. Kognitif    
         a. Proses
            1. Mampu mengidentifikasi persetujuan/dukungan terhadap isi artikel.
            2. Mampu merumuskan kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel yang    terdapat dalam  media cetak atau elektronik.
         b. Hasil
            1. Mampu mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya.
            2. Mampu merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum dalam masyarakat (apa isinya, siapa yang memunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dan sebagainya).
     2. Psikomotorik
           Mampu memberikan persetujuan/dukungan dengan bukti pendukung disertai dengan alasan.
     3. Afektif
         a. Karakter
            1. Bertanggung jawab tentang tugas yang diberikan guru.
            2. Jujur menyampaikan data/informasi.
            3. Santun
        b. Keterampilan sosial
            1. Bekerja sama membahas kognitif, psikomotor, dan afektif.
            2. Menghargai teman dan guru selama pembelajaran.
            3. Menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam bekerja sama dan memberi persetu juan isi artikel. 
            4. Memperhatikan pembelajaran. 
          

D. Tujuan Pembelajaran
     1. Kognitif
         a. Proses
            1. Siswa mampu mengidentifikasi persetujuan/dukungan terhadap isi artikel setelah   disediakan beberapa kalimat persetujuan/dukungan contoh dan bertanya jawab.   
            2. Siswa mampu merumuskan kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel yang   terdapat dalam media cetak atau elektronik logis disajikan beberapa kalimat persetujuan/dukungan contoh dan bertanya jawab.
        b. Hasil
            1. Siswa mampu mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan  sumbernya setelah bertanya jawab/berdiskusi serta membacanya.
           2. Siswa mampu merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahanperdebatan umum dalam masyarakat dengan logis (apa isinya, siapa yang memunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dan sebagainya).  

         2. Psikomotorik
             Siswa mampu memberikan persetujuan/dukungan secara lisan dengan bukti pendukung  
            disertai dengan alasan yang logis setelah merumuskan pokok persoalan dan bertanya jawab.
       3. Afektif
           a. Karakter
              1. Siswa mampu bertanggung jawab tentang tugas yang diberikan guru.
              2. Siswa mampu bersikap jujur menyampaikan persetujuan/dukungan.
              3. Siswa mampu bersikap santun.              
          b. Keterampilan sosial
              1. Siswa mampu bekerja sama membahas kognitif, psikomotor, dan afektif.
              2. Siswa mampu menghargai teman dan guru selama pembelajaran.
              3. Siswa mampu menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam bekerja sama dan
                  memberi persetujuan isi artikel. 
              4. Siswa mampu memperhatikan pembelajaran.
      4. Kecakapan Hidup
          1. Mahir memperoleh informasi dari berbagai sumber.
          2. Mahir mengulas berbagai sumber tertulis secara profesional berdasarkan etika sosial.

E. Materi Pembelajaran
    1. Mengidentifikasi persetujuan/dukungan terhadap isi artikel.
    2. Merumuskan kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel.
    3. Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya.
    4. Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum dalam masyarakat
        a. Isi persoalan
        b. Latar belakang terjadinya persoalan
        c. Pihak yang memunculkan persoalan
        d. Akibat persoalan
        e. Penyelesaian persoalan

F. Model dan Metode Pembelajaran
     1. Model  : kontekstual
     2. Metode: diskusi, tanya jawab, elisitasi, latihan
    
G. Media/Alat/Bahan
     1. Kartu peta konsep
     2. Pengeras suara

H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran    Tahapan
a. Kegiatan Pendahuluan  (10 menit)
    Awal Pembelajaran
    1. Guru dan siswa saling menyalami.
    2. Guru dan siswa berdoa.
    3. Guru dan siswa bertanya jawab tentang keadaan siswa.
    4. Guru mengecek siswa yang tidak hadir.
    5. Guru mengecek kesiapan siswa dan keadaan sarana belajar.
    6. Guru memperkenalkan KD, indikator, tujuan, materi, metode, dan penilaian.
    7. Guru mengapersepsi pengetahuan siswa.
    8. Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi.
    9. Guru memotivasi siswa.
  10. Guru mengelompokkan siswa.   




Konstruktivistik
(Apersepsi)
b. Kegiatan Inti (100 menit)
    1. Guru mengarahkan siswa.
    2. Siswa membaca contoh artikel yang disediakan guru.
    3. Siswa mencermati kelogisan persetujuan dengan artikel.
    4. Siswa membaca artikel lain.
    5. Siswa mengidentifikasi beberapa persetujuan/dukungan terhadap isi artikel.       
    6. Siswa merumuskan kalimat persetujuan/dukungan terhadap artikel.
    7. Siswa mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya.  
    8. Siswa merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum dalam masyarakat (isi persoalan, latar belakang terjadinya persoalan, pihak yang memunculkan persoalan, akibat persoalan, penyelesaian persoalan.
    9. Siswa berlatih menyampaikan pokok persoalan pada kelompok masing-masing.
  10. Guru menilai hasil belajar siswa (kognitif, psikomotor, dan afektif)        
Konstruktivistik

 


Pemodelan




Asesmen
c. Kegiatan Akhir (10 menit)
    1. Siswa merangkum/menyimpulkan materi.
    2. Guru dan siswa mengomentari pelaksanaan pembelajaran.
    3. Guru memberikan siswa PR/berlatih di rumah.
    4. Guru dan siswa mengakhiri pembelajaran.   
Refleksi
Asesmen/
Latihan

I. Sumber Pembelajaran
    1. Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas IX, 2010,  oleh Darmawati dkk., 
        Klaten Intan Pariwara.
    2. Jurnal
    3. LKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar